Sekarang, Pergilah!

29
Apr

Sekarang, pergilah, Aku akan menolong engkau berbicara dan mengajarkan apa yang harus kaukatakan. —Keluaran 4:12 BIS

Lebih dari 10.000 penginjil dan pemimpin Kristen hadir dalam ruang auditorium raksasa di Amsterdam pada tahun 1986 untuk mendengarkan ceramah penginjil besar Billy Graham. Saya hadir di sana juga dan mendengarkannya mengisahkan sejumlah pengalamannya. Saya terkejut, ketika ia berkata, “Yakinlah, setiap kali saya berdiri di hadapan jemaat Allah untuk berkhotbah, saya gemetar dan lutut saya lemas!”

Yang benar saja! pikir saya. Bagaimana mungkin seorang pengkhotbah besar yang telah memukau jutaan orang dengan khotbah-khotbahnya yang luar biasa terlihat gemetaran dan lututnya lemas? Lalu Graham menjelaskan bahwa bukan takut dan demam panggung yang dirasakannya, melainkan kegentaran dan ketidaklayakan yang kuat karena merasa tidak sanggup mengemban tugas besar yang Allah percayakan kepadanya. Ia pun dikuatkan ketika ia bersandar kepada Allah dan bukan pada kefasihannya berbicara.

Musa merasa tidak sanggup ketika Allah mengirim dirinya untuk membawa bangsa Israel yang telah diperbudak selama 400 tahun keluar dari Mesir. Musa memohon kepada Tuhan agar Dia mengutus orang lain, dengan alasan ia tidak pandai bicara (lihat Kel. 4:10,13).

Kita mungkin memiliki ketakutan serupa ketika Allah memanggil kita untuk melakukan sesuatu bagi-Nya. Namun penguatan yang diberikan- Nya kepada Musa juga dapat menguatkan kita. “Sekarang, pergilah, Aku akan menolong engkau berbicara dan mengajarkan apa yang harus kaukatakan” (ay.12 BIS).

Ini seperti yang dikatakan Billy Graham pada hari itu, “Ketika Allah memanggilmu, janganlah takut sampai gemetar dan lemas lututmu, karena Dia akan menyertaimu!” —Lawrence Darmani

Apakah tugas yang Allah limpahkan kepadamu untuk dilakukan hari ini?
Bersandarlah kepada-Nya dengan memohon pertolongan-Nya.

Ke mana pun Allah mengirim kita, Dia akan menyertai kita.