Resep Alkitabiah

09
May

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. —Amsal 17:22

Resep Alkitabiah

Greg dan Elizabeth memiliki rutinitas “Malam Lelucon” bersama keempat anak mereka yang masih bersekolah. Masing-masing anak membawa beberapa lelucon yang mereka baca atau dengar (atau karang sendiri!) sepanjang minggu itu untuk diceritakan di meja makan. Tradisi ini menciptakan kenangan gembira mengenai hal-hal menyenangkan yang mereka nikmati bersama di meja makan. Greg dan Elizabeth bahkan menyadari bahwa tertawa itu sehat bagi anak-anak mereka, sehingga mereka tetap bersemangat di tengah hari-hari yang sulit.

Manfaat dari obrolan yang menyenangkan di meja makan juga tidak luput dari perhatian C. S. Lewis, yang menulis, “Tidak ada keceriaan yang melebihi gelak tawa di seputar meja makan.”

Hikmat tentang memelihara hati yang gembira bisa kita temukan di Amsal 17:22, yang menyebutkan bahwa, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Amsal menawarkan “resep” untuk merangsang kesehatan dan pemulihan dengan membiarkan sukacita mengisi hati kita sebagai obat yang tidak mahal dan sangat mujarab.

Kita semua membutuhkan resep alkitabiah ini. Sukacita yang kita bawa ke dalam pembicaraan dapat menyelesaikan perselisihan. Sukacita juga dapat menolong kita merasakan kedamaian, bahkan setelah ujian yang membuat stres di sekolah atau hari yang berat di kantor. Tawa di antara keluarga dan sahabat dapat menciptakan tempat yang aman bagi kita. Di sanalah kita mengetahui dan merasakan bahwa kita dicintai.

Apakah Anda perlu lebih banyak tertawa sebagai “obat yang manjur” bagi jiwa Anda? Ingatlah, Alkitab mendorong Anda untuk memelihara hati yang gembira. —Lisa Samra

WAWASAN

Salah satu tantangan dalam mempelajari kitab Amsal adalah memahami apa itu amsal sendiri. Kamus Alkitab Harper’s Bible Dictionary mendefinisikan amsal sebagai “pepatah singkat populer yang menyampaikan kebenaran atau pengamatan dalam bentuk yang ekspresif dan mudah diingat . . . Contoh paling umum adalah peribahasa tentang perilaku atau pengalaman manusia yang dikemas secara menarik, penuh wawasan, jenaka, bahkan lucu.” Kadang mungkin kita suka memaknai amsal sebagai janji yang pasti, padahal bukan. Amsal adalah pepatah-pepatah bijaksana yang memberikan kebijaksanaan hidup yang sifatnya umum. Amsal bukan jaminan; amsal memberikan prinsip-prinsip dan pemikiran yang dapat membimbing kita dengan bijaksana. —Bill Crowder

Bagaimana selera humor yang baik membantu Anda menjalani tantangan hidup baru-baru ini? Apa artinya dipenuhi dengan sukacita Allah bagi Anda?

Allah Mahakuasa, terima kasih untuk anugerah sukacita yang memenuhi hati kami.