KASIH ITU BERTINDAK

09
May

Jawab orang itu, “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya, “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:37)

Teori berenang: tiup napas melalui hidung dalam air, apungkan tubuh di air, hilangkan rasa takut tenggelam, gerakkan kaki dan tangan sesuai gaya yang engkau kehendaki. Dapatkah Anda berenang setelah membaca saja teori di atas? Anda harus praktik renang di kolam renang untuk bisa berenang. Pengalaman seperti: air kolam yang terminum, tenggelam sebentar di air, dan sebagainya terkadang kita alami sebelum bisa berenang.

Tiga orang mempunyai kesibukan yang harus diselesaikan yakni seorang imam, seorang Lewi dan seorang Samaria. Hanya orang Samaria yang Yesus sebut sebagai sesama manusia (ay. 36-37). Ia memiliki belas kasihan yang dibuktikan (ay. 33, 37). Belas kasihan yang mengabaikan kepentingannya yang harus diselesaikan saat itu, melakukan maksimal tanggung jawabnya hingga ia meninggalkan dua dinar kepada pemilik penginapan dan bersedia mengganti kekurangannya. Bahkan ia tidak mengenal siapa yang ditolongnya.

Kasih perlu bukti tindakan. Berbagai alasan: kesibukan, kebutuhan yang menanti, enggan memikul tanggung jawab, takut dimanfaatkan dan sebagainya menjadi alasan pembenaran kita untuk tidak membuktikan kasih. Kasih tidak bergantung kepada keadaan di luar kita, tapi kepada keputusan dalam diri kita. Pilihan ada di tangan kita, Roh Kudus pun tidak dapat memaksakan kita. Biarlah kita belajar membuktikan kasih kepada pasangan kita, orang terdekat dan komunitas kita tanpa memedulikan keadaan dan respons mereka.

DUNIA PERLU KASIH YANG DIBUKTIKAN
BUKAN YANG INDAH DIPERKATAKAN